Sebagai Bentuk Syariat Agama, Ukhuwah dan Silaturrahmi Di Hari Raya Kurban

Warga Gonjong Limo Kabupaten Pelalawan Sembelih 5 Ekor Sapi 

PELALAWAN (Surya24.com) - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1442H/2021M, Ikatan Keluarga Gonjong 5 Kabupaten Pelalawan sembelih 5 ekor sapi kurban, penyembelihan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Bertempat dilapangan dekat rumah salah satu warga Gonjong Limo di Jalan Melur, Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan Riau, Selasa (20/7/2021).

"Alhamdulillah pada Hari Raya Idul Adha tahun 1442H/2021M ini, Gonjong Limo Kabupaten Pelalawan menyembelih 5 ekor sapi kurban," kata Ketua Gonjong Limo Kabupaten Pelalawan Ustadz Zulfadli dalam sambutanya sebelum dilakukan penyembelihan hewan kurban, Selasa (20/7/2021).

Zulfadli juga mengatakan bahwa ibadah qurban yang diselengarakan oleh paguyuban yang dinakhodainya saat ini merupakan sebagai bentuk syariat agama, dan juga untuk menjalin ukhuwah dan silaturahmi sesama warga Gonjong Limo. Ia juga berharap acara penyembelihan hewan kurban berjalan dengan lancar.

"Ibadah qurban yang di buat oleh paguyuban Gonjong Limo ini dalam rangka melaksanakan syariat agama kita, dan juga bertujuan untuk menjalin ukhuwah dan silaturahmi sesama warga gonjong Limo. Semoga acara penyembelihan yang kita gelar hari ini dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Lanjutnya, pada Hari Raya Idul Adha 1442H/2021M yang berkah ini, daging kurban akan dibagikan kepada warga masyarakat Gonjong Limo atau warga perantau asal Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota Provinsi Sumatra Barat yang ada di Kabupaten Pelalawan khususnya di Pangkalan Kerinci. 

Selanjutnya proses penyembelihan 5 hewan kurban dilakukan lansung oleh Ketua Ikatan Keluarga Gonjong Limo Kabupaten Pelalawan Ustadz Zulpadli. Tampak hadir dilokasi penyembelihan, Sekjen Deka Surianto, Penasehat Zeva Gusferi, Suherman, Bundo Kanduang, pengurus dan ratusan warga Gonjong Limo.

Setelah dilakukan penyembelihan, kemudian daging kurban dibagikan lansung kepada warga di Sekretariat Gonjong Limo Toko Berkah 2 Jalan Lintas Timur Kota Pangkalan Kerinci. Untuk menghindari kerumunan pembagian dilakukan secara bertahap dan selesai sekitar jam 17.30 WIB. (jon)